Rabu, 14 Oktober 2015

The Influential People in Indonesia


Senang banget rasanya bisa ketemu teman-teman lama. Setelah 10 tahun lebih gak pernah kumpul ketemuan bareng, gak disangka jumat malam week-end kemaren beberapa teman-teman anggota Jakarta Private Bankers Club (JPBC) kumpul reunian di salah satu Kafe di Pacific Place Jakarta.

Banyak hal yang seru ketika acara kumpul alias reunian para Private Bankers dan Wealth Manager (walaupun saat ini beberapa diantaranya sudah ada yang berprofesi lain), ngobrol nostalgia kejadian-kejadian waktu lebih dari 10 tahun yang lalu, dan ada juga yang asyik bercerita pengalaman hidupnya masing-masing selama sepuluh tahun belakangan ini.
Beberapa teman yang hadir di acara reunian itu ada yang sudah menjadi Direktur Bank, ada yang sudah menjadi Senior Private Banker di luar negeri, dan ada juga yang sudah beralih profesi menjadi pengusaha hebat atau bahkan menjadi Isteri orang hebat....hehehe.  

Yaa judulnya “Happy” banget kita bisa kumpul lagi, mengingat paguyuban JPBC yang menjadi payung kita pertama kali berkumpul dan berkenalan ternyata masih berkesan di hati kita masing-masing.
Terlebih buat saya pribadi, bangga sekali rasanya bisa menjadi bagian dari komunitas yang hebat ini. Mengingat betapa sulitnya pada awal waktu dulu, tepatnya 13 (tigabelas) tahun yang lalu, saya dan beberapa rekan dari Bank Lokal dan 1 (satu) orang Banker Asing berjuang menyatukan mereka para Private Banker dan Wealth Manager lokal dan asing untuk bisa dan mau bersatu dalam satu paguyuban atau istilah kerennya adalah Asosiasi Private Banker dan Wealth Manager.

JPBC yang dibentuk sekitar 13 tahun lalu itu, atau tepatnya kita dirikan pada tahun 2002, beranggotakan para Private Banker dan Wealth Manager yang mempunyai latar belakang baik dari Perbankan Lokal maupun Bank Asing yang ada di Indonesia.

Waaah..., kalo di ingat-ingat lagi kejadian belasan tahun lalu, dimana kita JPBC’ers bersama para Financial Planner dan sekelompok mahasiswa UI, dalam upaya merintis memperkenalkan “Wealth Management & Financial Planning” ke teman-teman lainnya melalui diskusi dan training yang pernah kita buat... dimana belum ada satu pun organisasi serupa yang melakukannya, seru banget untuk dikenang dan TOP BGT deh..!

Buat saya pribadi, mereka para JPBC’er atau para Private Banker dan Wealth Manager yang bergabung dalam paguyuban JPBC, adalah merupakan orang-orang dan pribadi yang mempunyai pengaruh besar dalam perkembangan ekonomi negara ini. Karena mereka rata-rata memiliki  dan mengelola nasabah-nasabah High Networth Individual (HNI), yang rata-rata nasabahnya memiliki aset kekayaan puluhan bahkan ratusan milyar rupiah lebih.

Coba saja bayangkan, seandainya mereka dalam posisinya sebagai Inonesian Private Banker dan Wealth Manager, mempengaruhi para nasabahnya untuk menarik balik semua dana penempatannya yang ada di luar negeri untuk ditempatkan ke dalam negeri ini, wah... mungkin perekonomian negara kita akan jauh lebih maju dibanding negara tetangga kita Singapura (karena memang diperkirakan hampir sekitar USD. 300 Milyar lebih harta kekayaan warga negara Indonesia yang ditempatkan di perbankan Singapura, atau sekitar hampir 65% dari total  USD. 470 Milyar AUM Private Banking di Singapura pada periode tahun 2014-2015 ini).
Atau bahkan misalnya, para Private Banker dan Wealth Manager ini bisa mempengaruhi para nasabah kaya tersebut untuk mengkonversi sebagian besar dananya kedalam rupiah,...hmmm..pasti nilai tukar rupiah kita akan jauh menguat tidak seperti kondisi sekarang.
Tetapi asal jangan malah sebaliknya, jangan sampai malah mereka mempengaruhi para nasabahnya malah untuk berduyun-duyun memindahkan dananya ke luar negeri atau membeli dollar..... hahahaha...!

Pokoknya, saya senang banget bisa menjadi bagian dari komunitas ini, buat saya para Private Banker dan Wealth Manager ini adalah orang yang sebenarnya bisa memiliki pengaruh besar dalam roda perekonomian negara kita.



I’m proud to be part of this club,

JPBC’er, You are the Private Banker and Wealth Manager,

You are all the influential people in Indonesia !!!

1 komentar:

andrew scot mengatakan...

Business and Personal Loans, Loans ranging from $5,000-$100,000,000.

We Offer suitable financial services Globally,Business and Personal Loans, Loans ranging from $5,000-$100,000,000.Our passion is helping ones in need.Feel free to engage our leased facilities as We have provided over $2 Billion in business loans to over 25,000 business owners just like you. We use our own designated risk technology to provide you with the right business loan so you can grow your business. Our services are fast and reliable, loans are approved within 24 hours of successful application. * Personal loans, * Truck Loans * Car Loans * Real Estate Loans * Refinancing Loans * Debt consolidation loans * Education Loans * Farm Loans * Corporate Loans * Business Start-up Loans We offer loans from a minimum range of $5,000 to a maximum of $500 million, Better loan services Will give you loan with an affordable interest rate of 3% and loan duration of 1 to 30 years to pay back the loan (secure and unsecured). Our aim is to provide Excellent Professional Financial Services. Intermediaries/Consultants/Brokers are welcome to bring their clients and are 100% protected. In complete confidence, we will work together for the benefits of all parties involved. Do not keep your financial problems to yourself in order for you not to be debt master or financial stress up, which is why you must contact us quickly for a solution to your financial problems. It will be a great joy to us when you are financially stable Email us via: betterloancompany@gmail.com.Better loan firm We are certified and offer fast and reliable services.(betterloancompany@gmail.com)