Rabu, 14 Oktober 2015

“Dalam melakukan transaksi valuta asing (forex trading), keterampilan untuk mengestimasi arah dan perubahan harga pada pasar valuta asing adalah merupakan cara yang cukup baik dalam memanfaatkan peluang akibat perubahan harga valuta asing tersebut”


Analisa teknikal adalah merupakan salah satu cara yang cukup berguna dalam membantu investor untuk mengestimasi arah dan perubahan harga pada pasar valuta asing. Analisis teknikal merupakan analisis terhadap pola pergerakkan harga di masa lampau dengan tujuan untuk meramalkan pergerakkan harga di masa yang akan datang.
Analisa teknikal dapat didefinisikan sebagai bidang yang mempelajari dinamika pasar, khususnya melalui pemakaian bagan/chart untuk tujuan meramalkan trend pergerakan harga. Dinamika pasar disini mencakup antara lain harga komoditi dan volume transaksi, tetapi pada umumnya dinamika pasar sering disinonimkan oleh dinamika harga karena sebagian besar kegiatan analisa teknis adalah memantau pergerakan harga di pasar.
 
Kegunaan Analisis Teknikal
Analisa teknikal dapat digunakan sebagai alat bantu untuk menggambarkan pergerakan harga dipasar valuta asing baik yang bersifat jangka pendek, seperti day trading maupun yang berjangka waktu lebih panjang ke dalam suatu grafik atau bagan, dengan tujuan untuk mengidentifikasi trend melalui berbagai perangkat.
Ada tiga kekuatan utama dalam analisis teknikal yaitu:
1.  Kekuatan utama analisis teknikal terletak pada sifatnya yang fleksibel terhadap setiap perubahan yang terjadi. Fleksibel analisis teknikal ini terletak pada metode analisis serta indikator-indikator yang digunakan sebagai alat bantu dalam melakukan suatu prediksi nilai tukar mata uang. Seorang analis teknikal yang mempunyai spesialisasi dalam menganalisis pergerakan nilai tukar suatu mata uang tertentu dapat dengan mudah mengaplikasikan metode analisis teknikal yang telah dimilikinya untuk melakukan analisis terhadap jenis mata uang lain. Metode teknikal dapat digunakan untuk meramalkan pergerakan berbagai jenis mata uang. Jadi, dalam penggunaannya tidak terdapat batasan.
 
2.  Keunggulan analisis teknikal juga terletak pada fleksibelitas penerapannya di berbagai jenis pasar yang hendak dimasuki. Seorang investor yang telah terbiasa menggunakan analisis teknikal dalam transaksi perdagangan di pasar Spot dapat dengan mudah melakukan transisi apabila ia ingin menggunakan analisis tersebut dalam transaksi di pasar Futures. Ini bisa terjadi karena metode analisis teknikal yang diterapkan adalah sama, baik untuk pasar Spot maupun Futures, sehingga dapat diaplikasikan ke berbagai jenis pasar yang hendak dimasuki. Jadi, sehubungan dengan jenis pasar yang hendak dimasuki, tidak terdapat batasan bagi seorang investor untuk menerapkan analisis teknikal.
 
 3.  Keunggulan analisis teknikal lainnya yaitu dapat menggambarkan hasil analisa terhadap berbagai faktor nonkuantitatif dan faktor psikologi pasar (perilaku investor, sperti sifat tamak, takut, dan lain-lain) yang tidak dapat dianalisis dengan menggunakan indikator-indikator dalam analisis fundamental.


==Alwas Kurniadi==

Tidak ada komentar: