Rabu, 14 Oktober 2015

Kejar Program Diskon...

Konsisten Membeli Saat Harga Sedang Murah

Ibu Rumah Tangga VS Investor Pasar Modal

Sore tadi sambil nunggu isteri belanja di Lotte Mart, iseng2 saya nongkrong ngopi sambil buka laptop di kafe tepat didepan Lotte Mart. Lumayan juga lamanya nunggu isteri belanja, kurang lebih hampir sebungkus rokok habis untuk menunggu dia selesai berbelanja.
Kelihatan memang lumayan ramai banyak orang pada belanja dan antri di counter kasir, dan kelihatan sekali banyak ibu-ibu menenteng dan membawa hasil belanjanya dengan kereta dorong (trolley) yang penuh dengan barang belanjaan.

Setelah beberapa jam kemudian, sambil mendorong trolley berisi penuh barang belanjaan  isteri saya kembali menghampiri saya di kafe tempat saya menunggu.
“Sorry, kelamaan ya Pa nunggunya?, tadi udah rame banget yang belanja terus panjang pula antrian waktu mau bayar di kasir” kata isteri saya. “Biasa-lah, kalo lagi pas ada waktu program diskon, memang selalu rame begini disini” sambungnya lagi.
“Nggak apa2 kok Ma, yang namanya lagi ada program diskon ya pasti ramai-lah orang pada belanja” jawab saya sambil tersenyum.

Setelah kejadian sore tadi di Lotte Mart, saya malamnya jadi ingat dengan seminar yang pernah saya ikuti waktu beberapa tahun lalu. Dalam seminar tersebut disampaikan bahwa terkadang Ibu-ibu rumah tangga sebenarnya lebih hebat dalam melihat situasi untuk membeli, dibanding para investor intelek di Pasar Modal.
Alasan nya adalah; terlepas dari hasrat konsumtif yang tinggi dikalangan ibu-ibu rumah tangga dalam berbelanja, tetapi ternyata ibu-ibu rumah tangga sekarang ini sudah banyak yang lebih pandai memilih waktu untuk berbelanja. Sekarang ini banyak ibu-ibu yang langsung menyerbu untuk belanja pada waktu ada program diskon di suatu swalayan atau departmen store, karena justeru banyak barang belanjaan yang dijual dengan harga murah selama program diskon diselenggarakan.

“How do people respond when there’s a significant markdown in prices at their favorite department store? They run into the store searching for bargains”
"How do they respond when there is a significant markdown in prices in the stock market? They often run out of the store and don’t return untill prices get back full retail”.

Nah, jika kita bisa ambil hal positif dari cara belanja ibu-ibu tersebut, mungkin sudah seharusnnya kita melihat peluang berinvestasi di bursa saham kita saat ini. Mengingat sudah jauh turunya harga saham dibursa saat ini maka merupakan waktu yang bagus untuk kita membeli saham atau obligasi, bahkan bisa juga membeli reksadana saham saat ini. Jangan malah kita pada panik dan menjual portofolio investasi kita pada saat pasar lagi diskon, eeh maksudnya ... jangan kita malah “panic-selling” ketika pasar lagi turun jauh seperti kondisi saat sekarang ini.

 
Jakarta, Oktober 2015.

Alwas Kurniadi

Tidak ada komentar: