Selasa, 01 Januari 2008

Perkembangan Kebijakan Pemerintah dan Perekonomian Indonesia

Kepercayaan thd Indonesia meningkat dipandang dari sisi posisi finansial yang sehat dan kemampuan membayar pinjaman LN. Dan diharapkan potensi pertumbuhan yang terkait dengan integrasi ekonomi dengan Cina diharapkan akan menaikkan rating kembali ke level investment grade.

Potensi tersebut juga dipengaruhi dan didukung didukung oleh hal-hal sbb.:

  • Moody menaikkan rating Obligasi mata uang asing Indonesia menjadi Ba3 pada 18 Oktober kemarin, dengan pertimbangan membaiknya ratio hutang pemerintah, peningkatan investasi dan semakin sehatnya posisi pembayaran hutang LN.
  • Fitch memberikan positive outlook pada rating BB- dan diperkirakan akan melakukan upgrade di akhir tahun
  • Harapan S&P akan melakukan revisi Stable outlook pada rating BB- menjadi positive outlook sebelum akhir tahun ini karena keberhasilan Indonesia dalam menyelesaikan masalah akibat volatilitas pasar keuangan global.

Terus membaiknya peringkat dan harga pasar obligasi dollar Indonesia merefleksikan bahwa kepercayaan thd Indonesia meningkat.

Membaiknya penilaian terhadap Indonesia, tercermin dalam peringkat instrument hutang Indonesia, antara lain juga tidak terlepas dari usaha pemerintah untuk mengurangi hutang yang berasal dari renasionalisasi sistem perbankan setelah terjadinya krisis keuangan Asia. Pemerintah Indonesia menargetkan pengurangan hutang menjadi dibawah 30% GDP pada tahun 2009.

Pengendalian terhadap defisit fiskal telah berhasil mengurangi rasio hutang thd GDP. Dimana pada awalnya, sejak tahun 2000 defisit fiskal rata-rata mencapai 1,3% GDP, namun sejak 3 tahun terakhir berkisar pada 1% .

Konsolidasi fiskal yang dilakukan telah menciptakan ruang gerak bagi pemerintah untuk membiayai infrastuktur yang dibutuhkan.

Untuk tahun 2007 dan 2008 pemerintah telah membuat program fiskal yang tidak terlalu restriktif sebagai bagian dari usaha pemerintah untuk meningkatkan pembiayaan infrastruktur. Dimana DPR telah menyetujui defisit fiskal 2007 sebesar 1,5% GDP, naik dari target asal sebesar 1,1%, sedangkan untuk tahun 2008 pemerintah menargetkan defisit fiskal sebesar 1,7% GDP.

Selain cukup melebarnya deficit, target pemerintah untuk mengurangi hutang dibawah 30% GDP pada tahun 2009 masih berada dalam jalur yang benar.

Penilaian yang baik terhadap Indonesia juga bisa dilihat dari neraca pembayaran. Ada dua faktor yg perlu diperhatikan berkaitan dg neraca pembayaran Indonesia yaitu besarnya positive swing pada current account dan Foreign Direct Investment (FDI).

Walaupun surplus current account menurun tajam pada tahun 2004 dan 2005 akibat kenaikan harga minyak dunia dan subsidi harga-harga di dalam negeri yang mendorong besarnya import. Namun kemudian, pemotongan subsidi energi telah megurangi distorsi tersebut dan menurunkan import minyak sehingga surplus neraca tadi kembali berjalan membaik.

Berbaliknya dan membaiknya ’current account dan capital account’ neraca pembayaran tersebut menyebabkan cadangan devisa mencapai $53 milyar pada September 2007.
Kenaikan cadangan devisa, besarnya surplus current account dan turunnya ratio hutang LN thd GDP dapat dikatakan merupakan sinyal berkurangnya external vulnerability.

Membaiknya FDI juga sangat penting karena investasi memegang kunci perbaikan pertumbuhan ekonomi seperti pada sebelum krisis. Pertumbuhan GDP melambat dari rata-rata 6,9% sebelum krisis menjadi 4,8% setelah krisis.

Ada dua hal dibalik perlambatan pertumbuhan GDP tersebut, pertama adalah jatuhnya tingkat investasi (rata-rata investasi 25,3% GDP sebelum krisis dan 21% setelah krisis) dan kedua adalah efisiensi investasi yang memburuk sekitar 20% setelah krisis.

Ratio capital output ini menjelaskan seberapa besar investasi yang dibutuhkan untuk menghasilkan satu unit GDP. Sedangkan inverse dari ratio tersebut menjelaskan berapa besar GDP dihasilkan oleh satu unit investasi.
Rendahnya tingkat investasi akan mengurangi pertumbuhan GDP kecuali efisiensi investasi meningkat untuk mengoffsetnya.

Sayangnya, efisiensi investasi bukan hanya tidak membaik bahkan memburuk. Sehingga dengan semakin rendah tingkat investasi dan memburuknya efisiensi investasi inilah yang menyebabkan seberapa besar perlambatan pertumbuhan GDP setelah krisis.

Memang kita dapat memungkiri bahwa permasalahan penurunan tingkat investasi dan memburuknya efisiensi investasi tersebut dapat dengan segera dibenahi. Tetapi, setidaknya dengan mengetahui penyebab perlambatan pertumbuhan GDP tersebut diharapkan akan ada upaya untuk mengatasinya dan melakukan pemulihan secara bertahap ke level pertumbuhan sebelum krisis.

Setidaknya, upaya yang dilakukan dalam mendukung pemulihan dan perkembangan positif sudah mulai terlihat melalui :

1. BI mengadop target inflasi sebagai monetary rule di 2005 dengan menggunakan instrument tingkat bunga.

Tidak seperti negara2 lain yang berada di kawasan yang sama, inflasi di Indonesia lebih tinggi dan lebih volatile sejak krisis finansial di Asia.

Inflasi yang tinggi dan volatile menyebabkan iklim investasi menjadi tidak menarik, tetapi berdasarkan pengalaman pada negara2 lain di Asia (termasuk Korea, Thailand dan Filipina), diharapkan target inflasi akan mengurangi rata2 inflasi dan volatilitasnya di Indonesia.

Target inflasi BI untuk 2007 adalah 5-7% dan inflasi year to date adalah 6,3% hingga bulan September masih berada dalam range target. Target 2008 adalah 4-6%.

Diharapkan dengan semakin rendah dan kurangnya gejolak inflasi akan mengarahkan pada stabilitas yang lebih baik pada nilai tukar rupiah dan lebih rendahnya yield obligasi.

Meningkatnya inflasi bisa menghasilkan nilai tukar yang tidak stabil dan lemahnya pasar obligasi. Kejadian ini pernah dialami pada tahun 2005 pada saat inflasi meningkat begitu cepatnya sehingga terkulminasi menjadi krisis neraca pembayaran.

Namun peristiwa tersebut telah menjadi pelajaran bagi otoritas di BI bahwa kenaikan inflasi akan menyebabkan kebijakan pemotongan suku bunga menjadi berisiko. Sehingga sejak inflasi mulai meningkat di bulan Juli, BI membuat kebijakan BI rate tidak berubah pada 8,25%. Diperkirakan dalam jangka pendek inflasi masih tinggi sehingga tingkat bunga kemungkinan belum akan turun.

2. Pertumbuhan ekspor non migas tahun lalu sebesar 20%

Pertumbuhan ekspor non migas merupakan barometer yang baik bagi kesehatan suatu ekonomi.

Pertumbuhan 20% tahun lalu merupakan tanda bahwa ekonomi dalam kondisi baik.

Perbaikan pertumbuhan ekspor di Indonesia, dapat dilihat dari sudut pandang meningkatnya kontribusi Cina terhadap total perdagangan Indonesia. Peningkatan tersebut terjadi dari 7.2% pd 2003 menjadi 9.6% pada Agustus 2007.

Peningkatan yg sama juga terjadi secara regional di Asia, dan Cina merupakan partner perdagangan terbesar bagi setiap Negara di Asia untuk 5 hingga 10 tahun kedepan.

Diharapkan kelebihan produktivitas atas meningkatnya integrasi ekonomi ini bisa membantu pertumbuhan GDP Indonesia menjadi potensial.


Dari beberapa hal uraian dan bahasan diatas, pada akhirnya kita dapat menyimpulkan perkembangan dan pertumbuhan ekonomi yang sudah mulai berjalan di Indonesia ini diharapkan akan mengembalikan pertumbuhan ekonomi seperti pada masa sebelum krisis 1997. Bahkan, cukup masuk akal jika kita memprediksi bahwa perbaikan tingkat kepercayaan Internasional terhadap Indonesia, dalam hal akan dinaikkannya kembali peringkat Indonesia oleh lembaga pemeringkat dunia (S&P, Fitch dan Moody’s), akan terjadi dalam waktu dekat.

3 komentar:

ririnp mengatakan...

kok garing bgt sih!!!!!!!!!!!!!!11

CORINA ALVARADO mengatakan...

Nama saya CORINA ALVARADO, saya dari Filipina dan saya tinggal di kota dipolog. Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk menulis kepada orang-orang yang membutuhkan pinjaman di internet bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman nyata dan sah, karina roland adalah perusahaan yang tepat untuk diterapkan dari saya ditipu oleh 2 perusahaan saya mengajukan pinjaman dari dan karina roland adalah perusahaan ketiga yang saya lamar dari saya menerima pinjaman saya dari karina elena roland perusahaan pinjaman dalam waktu kurang dari 2 jam seperti yang dikatakan oleh perusahaan sehingga siapa pun yang membutuhkan pinjaman online tanpa scammed harus mendaftar dari karina roland dan beristirahatlah yakin bahwa Anda akan senang dengan perusahaan ini. Anda hanya dapat menghubungi perusahaan ini melalui whatsapp +1(585)708-3478 atau mengirim email ke karinarolandloancompany@gmail.com. Salam kepada siapa pun yang membaca pesan ini di seluruh dunia.

JAYACHANDRA FADHLAN mengatakan...

Penguji ..... jayachandra fadhlan
Negara ...... Indonesia
W / S ......... + 62 821-3272-6591
Facebook ..... jayachandra fadhlan
email ...... (jayachandrafadhlan@gmail.com)

Nama saya jayachandra fadhlan,
dari Indonesia Saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, ada begitu banyak pemberi pinjaman di sini untuk mempercayai orang. Terima kasih atas hasil kerja keras Anda, saya meminta pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta tetap saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang menjadi buruk karena hutang. Ketika saya mencari perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaan tersebut adalah PERUSAHAAN PINJAMAN EKSOTIK. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya belum pernah menerima pinjaman yang saya usulkan. Teman baik saya yang disetujui oleh pinjaman juga menerima pinjaman, memperkenalkan saya ke perusahaan yang dapat dipercaya di mana MRS. KARINA bekerja sebagai manajer cabang, dan saya meminta pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai meminta persetujuan saya, pinjaman yang disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya diperbolehkan, dan memungkinkan ini membuat saya kehilangan uang, tetapi saya terpana. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam dengan bunga 2% tanpa jaminan. Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. membahas tentang mode perusahaan. Jadi saya membutuhkan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau lain untuk membeli MRS. KARINA melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau hanya whatsapp +1(585)708-3478 .... Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda meminta informasi lebih lanjut melalui email: (jayachandrafadhlan@gmail.com) atau whatsapp + 62 821-3272-6591, Terima kasih lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga ALLAH terus memberkati kita dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran.

Perusahaan ..... Karina Elena Roland perusahaan pinjaman
W / S .......... + 1 (585) -708-3478
Facebook .... Elena karina Roland
email ......... (karinarolandloancompany@gmail.com)